CLOSE :KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI ^^

Sabtu, 07 April 2012

Tips Atasi Perkelahian Antara Dua Anak

Orang tua yang memiliki dua anak yang sedang beranjak dewasa harus memberikan perhatian dan cinta yang sama kepada kedua anaknya. Karena remaja biasanya memiliki darah yang mudah panas.

Masalah remaja memang rumit, terutama dengan saudara kandung. Orang tua harus membantu mereka menyelesaikan masalah mereka. Berikut beberapa tips mengasuh dan memecahkan perkelahian antara anak-anak Anda, sebagaimana dikutip dari boldsky.
Jangan terlalu melibatkan diri
Untuk menangani masalah antara dua bersaudara, sebaiknya orang tua jangan langsung terlibat. Biarkan mereka menyelesaikan sendiri masalah mereka terlebh dahulu.

Menanamkan nilai-nilai baik
Cobalah tanamkan nilai-nilai baik dan membuat mereka mengerti pentingnya persatuan antara saudara kandung. Dengan mengajarkan etiket dan tata krama berperilaku di awal akan membantu mereka menjadi individu dewasa dan mengurangi perkelahian

Perhatian harus sama
Jika anak tumbuh secara bersamaan, maka orangtua harus bijak dan memberikan perhatian yang sama tanpa membedakan satu dengan lainnya. Sebab, kalau ada perbedaan ini bisa berdampak terjadinya kecemburuan dan kebencian diantara mereka.

Hadapi ego mereka secara bijaksana
Remaja memiliki masalah ego dan bisa sangat cepat menjadi agresif. Orang tua harus tahu sisi cerita dari kedua anak dan memberikan saran dengan kasih sayang kepada mereka untuk menghindari perkelahian dalam keluarga.

Libatkan dengan berbagai kegiatan
Untuk menghindari masalah antara dua anak, sebaiknya orang tua menyibukkan mereka dengan berbagai kegiatan positif. Kalau perlu biarkan mereka yang memutuskan kegiatan apa yang mereka inginkan.

Hindari situasi yang sebabkan perkelahian
Perkelahian antara anak-anak bisa terjadi dalam situasi tertentu. Untuk mengantisipasinya, misalnya masing-masing anak punya piring kesukaan mereka. Jadi, selalu siapkan piring tersebut sehingga keduanya tidak perlu rebutan dan menyebabkan perkelahian. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini