CLOSE :KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI ^^

Kamis, 01 Desember 2011

Chris John Menang Lagi

Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA, Chris John, berhasil mempertahankan gelarnya setelah menang dengan angka mutlak atas lawannya Stanyslav Merdov (Ukraina) di Challenge Stadium MT Claremont, Perth, Australia Barat, Rabu malam.
Ketiga juri yaitu Francisco Martinez (Selandia Baru), Takeo Harada (Jepang), dan Prommase Chakshuksha (Thailand) memberikan kemenangan kepada Chris John, yaitu 116-111, 116-11, dan 115-112. Dengan kemenangan ini Chris John sudah 15 kali mempertahankan gelarnya setelah merebutnya dari tangan petinju Panama, Oscar Leon di Bali, Oktober 2003 melalui pertarungan ad-interim.

Di samping itu kemenangan ini memperbesar rekor bertarung Chris John menjadi 46 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri sedangkan lawannya Merdov menjadi 32 kali menang (24 di antaranya dengan KO) dan delapan kali kalah (sekali di antaranya dengan KO).

Pada ronde pertama, Chris John yang berdiri di sudut biru terlihat kesulitan untuk masuk ke jarak ideal untuk memukulnya karena terlihat Merdov juga menjaga jarak, tetapi dua kali pukulan yang dilancarkan Chris John berhasil mengenai muka lawannya. Sebaliknya Merdov juga terlihat beberapa kali melancarkan pukulan ke arah muka petinju dengan julukan The Dragon tersebut.

Pada ronde kedua, pukulan keras tangan kanan Chris John sempat membuat Merdov terhuyung dan wasit Pinit Pradyadsab sempat menghitung untuk Merdov tetapi berhasil melanjutkan pertarungan kembali.  Sementara sejak ronde ketiga hingga ke-11, Chris John tetap berusaha merangsak Merdov untuk mendapatkan jarak pukul yang ideal mengingat dari sisi tinggi tubuh dan jangkauan pukulan masih kalah dari Merdov dan beberapa kali juga berhasil menyarangkan pukulan baik tangan kanan maupun kiri ke arah muka Merdov.

Akibat kalah dari postur tubuh dan jangkauan pukulan ini, Chris John terlihat sering melancarkan pukulan ke arah perut lawan dan begitu mendapatkan kesempatan untuk memukul mukanya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tetapi pada ronde ketujuh sebuah pukulan kanan Merdov membuat pelipis kanan Chris John mengeluarkan darah tetapi pada akhir ronde tersebut mendapat perawatan pelatih dan ofisial Chris John.

Setelah itu memang Merdov selalu melancarkan pukulan ke bagian pelipis kanan Chris John dan sempat juga mengeluarkan darah tetapi tidak menghalangi bagi suami Anna Maria Megawati untuk terus menekan Merdov.
Pada ronde terakhir atau 12, Merdov berusaha menekan Chris John dengan pukulan tangan kanan dan kirinya sedangkan Chris John lebih banyak bertahan dengan kedua tangannya dan sekali-sekali melancarkan serangan ke bagian muka lawan.
Pertarungan Chris John melawan Stanyslav Merdov ini merupakan partai tambahan, sedangkan partai utama adalah Danny Green (Australia) melawan Krzystof Wlodarczyk (Polandia) di kelas penjelajah.Sebelumnya petinju Indonesia, Daud Yordan berhasil menggapai gelar IBO Asia Pasifik setelah menang TKO ronde keempat (bukan dengan KO seperti diberitakan sebelumnya) atas petinju Amerika Serikat, Frankie Archuleta.

Istri Chris John, Anna Maria Megawati yang menyaksikan dan memberikan dukungan langsung kepada suaminya bertarung di Australia, ketika dihubungi dari Semarang, mengatakan, hasil ini bagus dan layak disyukuri karena gelar juara dunia berhasil dibawa pulang ke Tanah Air lagi. Mengenai lawan Chris John, mantan atlet wushu tersebut mengatakan, muka Merdov kuat karena berkali-kali mendapat pukulan dari suaminya tetap kuat tetapi ternyata tidak kuat di bagian perutnya.

"Saya lihat Chris John memancing lawannya dengan membuat `double cover`-nya untuk memancing lawan. Saya lihat juga Chris John juga mampu masuk ke jarak pukulan dia dan banyak kesempatan yang dilakukan Chfris John, hanya waktunya yang agak susah," katanya. Anna Maria Megawati menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sesaat suaminya bertarung melawan Stanyslav Merdov, 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini