CLOSE :KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI ^^

Kamis, 15 Desember 2011

Ternyata Tidur Siang Itu Sangat Bermanfaat

 
Apakah kamu sering tidur siang atau memiliki waktu untuk tidur siang di tengah-tengah kepadatan aktivitas sepanjang hari? Bersyukurlah, karena menurut penelitian National Sleep Foundation Amerika Serikat, tidur siang sangat bermanfaat bagi manusia. Tidur siang selama 20-30 menit dapat membantu meningkatkan mood, kewaspadaan dan performansi. Beberapa orang terkenal yang memiliki kebiasaan tidur siang: Nabi Muhammad SAW, Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einstein, Thomas Edison and George W. Bush.

Ada beberapa tipe tidur siang:
* Tidur siang terencana (disebut juga tidur siang yang dipersiapkan) berupa tidur siang sebelum Anda benar-benar mengantuk. Anda dapat menggunakan teknik ini ketika Anda tahu bahwa Anda akan terjaga lebih lama dari waktu tidur normal Anda atau sebagai mekanisme untuk mencegah lelah lebih cepat.
* Tidur siang darurat terjadi ketika Anda tiba-tiba merasa sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas yang sedang dikerjakan. Jenis tidur siang dapat digunakan untuk mengatasi mengantuk saat mengemudi atau kelelahan saat menggunakan mesin berat danberbahaya.
* Tidur siang yang merupakan kebiasaan terjadi ketika seseorang melakukan tidur siang di waktu yang sama setiap hari. Anak-anak kecil mungkin tidur di waktu yang sama setiap sore atau orang dewasa tidur siang sejenak setelah makan siang setiap hari.

Tips tidur siang dari National Sleep Foundation AS:

* Tidur siang yang singkat (20-30 menit) biasanya direkomendasikan untuk kewaspadaan jangka-pendek. Tipe tidur siang ini memberikan manfaat signifikan untuk peningkatan kewaspadaan dan performansi tanpa membuat grogi atau mengganggu tidur malam hari.
* Situasi sekitar Anda dapat sangat mempengaruhi kemampuan Anda untuk tertidur. Pastikan bahwa Anda memiliki tempat istirahat untuk berbaring dan bahwa suhu di dalam ruangan nyaman. Cobalah untuk membatasi jumlah suara yang didengar dan tingkat cahaya yang masuk. Sementara beberapa studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di tempat tidur dapat bermanfaat, akan lebih baik lagi terlelap.
* Jika Anda tidur siang terlalu sore, hal itu dapat mempengaruhi pola tidur malam hari Anda dan memberi kesulitan untuk tidur di jam tidur Anda yang biasanya. Jika Anda tidur siang terlalu awal, tubuh Anda mungkin belum siap untuk tidur.

Manfaat tidur siang menurut National Sleep Foundation AS:

* Tidur siang dapat mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan performansi, dan mengurangi kesalahan dan kecelakaan. Sebuah penelitian di NASA terhadap para pilot militer dan astronot yang mengantuk ditemukan bahwa tidur siang selama 40 menit meningkatkan performansi sebesar 34% dan kewaspadaan sebesar 100%.
* Tidur siang dapat meningkatkan kewaspadaan secara langsung pada saat setelah tidur siang dan mungkin memperpanjang kewaspadaan beberapa jam kemudian di hari tersebut.
* Tidur siang yang terjadwal juga telah ditentukan bagi mereka yang mengidap narkolepsi, yaitu gangguan tidur yang kronis yang ditandai kantuk di siang hari yang berlebihan dan bahkan dapat tertidur di waktu yang tidak tepat.
* Tidur siang dapat memberikan manfaat secara psikologis. Tidur siang dapat menjadi liburan sederhana yang mewah dan menyenangkan. Tidur siang dapat menjadi cara mudah untuk relaksasi dan peremajaan.

Kebanyakan orang menyadari bahwa mengemudi saat mengantuk sangat berbahaya. Namun, banyak pengemudi yang tetap melanjutkan berkendara saat mereka merasa mengantuk walaupun berisiko, menempatkan diri mereka sendiri dan yang lainnya dalam bahaya. Sementara tidur penuh di malam hari sebelum berkendara adalah hal yang ideal, tidur siang sejenak sebelum berkendara dapat mengurangi resiko seseorang mengalami kecelakaan karena mengantuk. Ahli tidur juga merekomendasikan jika Anda merasa mengantuk saat berkendara, Anda sebaiknya segera menepi ke area istirahat, minum minuman yang mengandung kafein dan tidur siang sejenak selama 20 menit.

Pekerjaan shift dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan nilai performansi, khususnya bagi pekerja shift malam. Di dalam penelitian pada tahun 2006, peneliti di Sleep Medicine and Research Center bekerjasama dengan St. John’s Mercy Medical Center dan St. Luke’s Hospital di pinggiran kota St. Louis, MO, melihat efektivitas tidur siang dan mengkonsumsi kafein untuk mengatasi kantuk selama shift malam. Mereka mendapati bahwa baik tidur siang dan kafein keduanya meningkatkan kewaspadaan dan performansi di antara pekerja shift malam dan bahwa kombinasi tidur siang dan kafein memiliki efek yang paling menguntungkan.

James K. Walsh, PhD, salah satu peneliti dalam penelitian tersebut, menjelaskan, “Karena kecenderungan tubuh untuk tidur di malam hari, kemampuan untuk tetap terjada dan produktif di shift malam dapat menjadi hal yang menantang, bahkan jika Anda sudah cukup tidur di siang hari.” “Tidur siang sebelum bekerja dikombinasikan dengan mengkonsumsi kafein saat bekerja adalah strategi yang efektif untuk tetap terjaga di shift malam.”

Efek negatif

Walaupun memiliki banyak manfaat, tidur siang tidak selalu merupakan opsi terbaik bagi setiap orang. Sebagai contoh, beberapa orang yang tidak dapat tidur di sembarang tempat kecuali di tempat tidur mereka sendiri, tidur siang di kantor atau di semua tempat tidaklah mungkin bagi mereka. Orang-orang yang lainnya memiliki masalah untuk dapat tidur di siang hari; hal itu dapat dikarenakan individu-individu tertentu tersebut lebih sensitif terhadap siang hari daripada orang lain – yaitu orang-orang yang merasa lebih mengantuk dan lebih mudah tidur di siang hari. Berikut ini beberapa efek negatif tidur siang:

* Tidur siang dapat menyebabkan seseorang mengalami inersia tidur, khususnya jika lebih dari 10-20 menit. Inersia tidur didefenisikan sebagai perasaan grogi dan disorientasi yang timbul akibat bangun dari tidur yang lelap. Walaupun kondisi ini hanya berlangsung selama beberapa menit sampai setengah jam, hal itu dapat merugikan bagi orang-orang yang harus segera beraktivitas setelah bangun dari tidur siang. Penurunan kondisi dan disorientasi pasca-tidur siang dialami lebih parah, dan berlangsung lebih lama, pada orang yang kurang tidur atau tidur siang untuk waktu yang lebih lama.

* Tidur siang juga dapat memiliki efek negatif terhadap waktu tidur yang lain. Tidur siang yang panjang atau terlalu sore dapat berpengaruh buruk terhadap periode dan kualitas tidur di malam hari. Jika Anda sulit tidur di malam hari, tidur di siang hari hanya akan memperkuat kesulitan tersebut.

* Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa tidur siang dikaitkan dengan peningkatan risiko gagal jantung pada orang-orang yang sudah berisiko.

Stigma

Walaupun riset menunjukkan bahwa tidur siang merupakan cara yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan, masih ada stigma-stigma yang dikaitkan dengan tidur siang yait:

- Tidur siang menunjukkan sifat malas, kurang berambisi, dan standar rendah.
- Tidur siang hanya untuk anak-anak, orang sakit dan manula.

Walaupun pernyataan-pernyataan di atas salah, masih banyak kalangan yang perlu diedukasi tentang manfaat tidur siang.

Penelitian terkini dalam jurnal riset Sleep menguji keuntungan tidur siang berdasarkan lamanya tidur siang dan tanpa tidur siang. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang selama 10 menit memberikan manfaat terbesar dalam bentuk mengurangi kantuk dan meningkatkan kinerja kognitif. Tidur siang selama 30 menit atau lebih akan memungkinkan menyebabkan inersia tidur, yaitu periode mengalami grogi yang kadang terjadi setelah tidur.

Saat ini Anda mungkin memikirkan cara untuk memasukkan tidur siang dalam jadwal rutin Anda sehari-hari. Ingatlah bahwa tidur yang cukup secara teratur adalah cara terbaik untuk tetap terjaga dan dalam kondisi terbaik. Tetapi ketika lelah datang, tidur siang sejenak dapat memberikan keajaiban bagi stamina mental dan fisik Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini