CLOSE :KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI ^^

Sabtu, 24 September 2011

Gagak Selalu Ingat Manusia yang Menyakitinya


detail berita
Burung Gagak
WASHINGTON - Dalam sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa burung gagak termasuk dalam spesies 'pendendam'. Bahkan mereka masih mengingat wajah manusia yang menyakitinya.

Hasil survei yang dilakukan pada sejumlah gagak di Taman Washington State, di Seattle, Amerika Serikat menunjukkan bahwa gagak masih hafal muka manusia yang pernah menyakitinya. Bahkan, gagak akan memberitahukan kepada keluarganya manusia yang dianggap bahaya.

Menurut Profesor Yohanes Marzluff dari University of Washington, studi yang telah dilakukan selama lima tahun tersebut menunjukkan bahwa gagak mempunyai sifat yang unik. Sifat tersebut dapat membantu kawanan gagak dalam beradaptasi dan berkembang dengan manusia.

"Perilaku orang atau individu terhadap hewan sering berubah. Karena tindakan manusia sering mengancam hewan. Para gagak tersebut pun belajar terhadap lingkungan sosial mereka, termasuk memperhatikan kebiasaan individu yang dianggap menguntungkan," kata Marzluff, seperti dilansir melalui ABC News, Jumat (1/7/2011).


Marzluff mengatakan studi yang dipublikasikan hari ini di Proceedings of Royal Society B, terinspirasi oleh penelitian sebelumnya dengan gagak di kampusnya. "Saya merasa seperti mereka mengenali kami," katanya.

Pada percobaan, peneliti menggunakan topeng lalu menjebak, mengikat kemudian melepas 7 sampai 15 ekor burung di 5 kawasan yang berbeda di Seattle. Untuk mengetahui dampak penangkapan tersebut, selama 5 tahun kemudian, dilakukan penelitian terhadap perilaku burung itu terhadap orang-orang yang melintas di kawasan lokasi penangkapan.

Setelah itu para peneliti menggunakan topeng ‘penjahat’ atau topeng yang mereka pakai saat menjebak kelompok gagak. Setelah itu mereka membandingkannya dengan menggunakan topeng lain yang tidak ada kaitannya dengan penangkapan terhadap para tersebut.

Setelah hampir 2 tahun, 30,4 persen dari gagak yang dihadapi oleh orang-orang memakai masker berbahaya memarahi orang-orang bertopeng secara konsisten, sementara angka melonjak lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar 66 persen hampir tiga tahun setelah perangkap awal.

"Ini menujukkan gagak hafal dan mewariskan dendam mereka ke anak dan keturunanya, agar mereka terlindungi," tandas Marzluff.
http://techno.okezone.com/read/2011/07/01/56/474706/burung-gagak-hafal-manusia-yang-menyakitinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini