CLOSE :KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI ^^

Rabu, 14 Desember 2011

Komputer Sering Restart?Inilah Solusinya


Kebanyakan dari pasien2 bermasalah karena ngerestart sendiri... ini lah jawabannya...

1. Sistem Operasi Terinfeksi Virus
Penyebab :
Hal ini dapat terjadi karena pertama virus masuk ke komputer melalui media lain seperti eksternal hardisk, memory card atau Flash Disk yang telah terjangkit virus. Dan kebetulan file yang berisi virus ternyata tanpa kebetulan dibuka sehingga virus menyebar ke dalam komputer.

Yang kedua bisa jadi virus masuk lewat internet saat kita sedang browsing atau pun ketika mendownload, hingga file virus masuk ke komputer kita tanpa kita sadari. Kesalahan paling besar dari penyebab jenis ini adalah antivirus di komputer yang tidak ter-update. Lebih fatal lagi apabila pada komputer kamu tidak terinstall antivirus.

Solusi :
Scan dengan anti virus yang bootable, atau di jalankan di luar sistem windows
Setelah berhasil, perbaiki registy.
Klo tidak mempan instal ulang, setelah instal ulang, jangan buka2 D: / E:/ dan lain2 instal antivirus terbaru, karena bisa jadi drive2 tersebut masih ada virus. oleh karena itu lakukan full scan

tidak ada antivirus yang bagus, kecuali selalu di update


2. Hardware yang Bermasalah
Bila ternyata pada komputer kamu tidak menunjukkan adanya terjangkit virus, maka kemungkinan terdapat hardware yang mengalami permasalahan. Diantaranya akan dijelaskan dibawah :

Penyebab :
1. Pemasangan kipas processor maupun kipas ventilasi udara pada CPU yang kurang baik, sehingga suhu processor meningkat berlebihan.

2. Hardware yang sudah uzur (berumur) sehingga mengalami kemunduran kinerja seperti kerusakan yang tidak terlihat dan tidak disadari dari power supply. Hal ini biasanya terjadi karena power suppy tidak mampu memberikan supply ke komputer sebagaimana diperlukan, atau ketidakstabilan dalam men-supply power.

3. Pemasangan graphic card (VGA) yang kurang baik atau memang graphic card sudah tidak bekerja dengan normal karena sudah berumur.

4. Motherboard yang sudah mengalami kemunduran kinerja karena sudah berumur pula.

Solusi :

Cek suhu komputer di bios, klo masih bisa masuk window, pake software pc wizard atau coretemp. Buka aplikasi sebanyak mungkin, atau main game, lihat suhunya berapa ?

Bersihkan seluruh hardware komputer, ganti thermal paste (odol pc)dengan yang baru, buka semua hardware dan pasang lagi dengan benar

Beri fan cooler yang punya system masuk dan buang.

cek putaran kipas prosesor, jika lambat, maka harus diganti... ceknya tinggal di sentuh sama jari... klo jarinya putus, berarti kipasnya bagus hehhehehe, klo kipasnya malah berhenti artinya harus di ganti kipasnya

Catatan Khusus :

3. Power supply
power supply yang sudah bermasalah pada dalemannya juga bisa menyebabkan komputer restart. oleh karena itu, jika agan2 beli komputer, usahakan cari PSU yang bagus (pure) PSU abal2 akan menuliskan daya yang selalu kurang misal 380w, nyatanya cuma 280w. PSU yang bagus justru mengurangi labelnya.. misalnya 380w, nyatanya 430w.

PSU juga menyebabkan port usb menjadi buruk, ketika agan memasukan web camp atau modem komputer menjadi not responding, webcam/modem tidak terdeteksi, hang, tidak bisa restart, akhirnya blue screen

Untuk memastikannya coba ganti power supply dengan yang dipastikan kondisinya masih baik. Klo mau di servis ke tukang servis electronik,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini